Kumpulan Aplikasi Android Gratis untuk Mengubah Kebiasaanmu

Punya kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan? Atau ingin punya kebiasaan baru agar hidup lebih produktif? Beragam aplikasi gratis di Android ini mungkin bisa membantu kamu mengubah jalan hidupmu!

HabitRPG

batch_habitrpg-rcm592x375

Buat yang hobi bermain game, aplikasi ini layak dicoba! Di sini, kita akan menjadi tokoh utama dan jalan ceritanya adalah hidup kamu sendiri. Game-nya sederhana: lakukan sebanyak-banyaknya pekerjaan. Setiap kali kita menyelesaikan satu pekerjaan, kita akan mendapatkan sejumlah Gold.

Gold yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk membuat karakter kita terlihat semakin keren, misalnya dengan membeli pakaian atau penutup kepala. Selain itu, Gold juga bisa digunakan untuk membeli senjata, yang akan meningkatkan jumlah Gold dari tugas yang kita kerjakan.

Setelah mendapatkan sejumlah Experience, karakter kita bisa naik level dan bisa menggunakan perlengkapan-perlengkapan lain yang lebih canggih!

Coach.me

batch_coachme

Sudah bukan rahasia bila orang cenderung lebih termotivasi bila ia mendapat dukungan positif dari orang lain. Ide tersebut dituangkan melalui aplikasi ini.

Setelah mengunduh, kita bisa memilih kebiasaan baru yang hendak kita lakukan atau kebiasaan buruk yang hendak kita hentikan. Sebagai contoh, kita ingin memulai lari pagi setiap hari, belajar bahasa Inggris, atau contoh lain, kita ingin berhenti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Aplikasi ini unik karena kita dapat mengatur agar target kita diketahui orang-orang yang kemudian ikut menyemangati kita dengan melakukan posting di halaman komunitas. Kita juga bisa menceritakan apa yang telah kita lakukan untuk mencapai target tersebut.

HabitBull

batch_bullsh

Dengan tampilan yang simpel namun menarik, kita dapat menentukan kebiasaan yang hendak kita pelajari. Di aplikasi ini kita juga didorong untuk terus melakukan kebiasaan tersebut tanpa terputus.

Kelebihan aplikasi ini adalah kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya. Memang aplikasi ini hanya berfokus untuk menciptakan kebiasaan, bukan memotivasi seperti Coach.me.

HabitBull – Habit Tracker

Pledge

batch_pledge

Kalau kamu mencari aplikasi habit tracking dengan tampilan yang memanjakan mata, Pledge ini adalah jawabannya. Tampilannya yang berbasis flat design dan berwarna warni dari Pledge cukup menyegarkan mata.

Selain desain yang menawan, sistem pledge tracking (mereka menyebut goal sebagai pledge) juga mudah dan sederhana. Pledge menawarkan sistem pencatatan yang cepat dan user friendly, sehingga tidak membuat kamu malas menggunakannya. Pledge dapat diunduh secara gratis.

7 Weeks

batch_7 weeks

7 Weeks bekerja dengan prinsip sederhana: bila kita sukses melakukan sebuah kebiasaan selama 7 minggu, kebiasaan tersebut akan benar-benar melekat dari diri kita. Begitu pula dengan kebiasaan buruk yang diklaim bisa hilang bila kita tidak melakukannya dalam 7 minggu.

Selain waktu, 7 Weeks juga meminta kita untuk menuliskan “alasan” mengapa kita hendak mencapai target itu. Alasan tersebut akan ditampilkan dan diingatkan agar kita tetap bersemangat mencapai apa yang kita inginkan.

Setelah mencapai waktu 7 minggu, aplikasi ini akan memberikan ucapan selamat dan mencatat pencapaian kita.


Bagaimana? Sudah siap mengubah hidupmu dengan bantuan aplikasi-aplikasi di atas?

(Diedit oleh Pradipta Nugahanto; sumber gambar: Pexels)

sumber : https://id.techinasia.com/kumpulan-aplikasi-android-untuk-mengubah-kebiasaanmu