Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Jurusan SIstem Informasi Universitas Peradaban T/A 2022/2023

Jurusan Sistem Informasi adalah bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan Bisnis dan Manajemen. pada Program Studi ini akan pelajari bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Jadi, selain belajar Pemrograman Website Pemrograman Android, Jaringan Komputer, Analisis Database, Pemetaan Kawasan GIS, Animasi, dll. Anda juga dituntut untuk mempelajari proses bisnis yang ada di perusahaan. Oleh karena itu, lulusan Prodi Sistem Informasi diharapkan dapat mengembangkan sebuah sistem pengolahan data dari berbagai sumber untuk dapat disajikan sebagai informasi yang bermanfaat bagi perusahaan

Peluang Pekerjaan Jurusan Sistem Informasi :

1. System Engineer

Profesi ini bertugas untuk merancang dan mengimplementasikan software untuk berbagai informasi dan aplikasi berbasis teknologi serta prosedur pengujian untuk sistem internal. 

Sebagai seorang system engineer, kamu akan memastikan bahwa sistem dan software telah berjalan dengan lancar dan efisien.

Melansir dari salah satu online job portal, rata-rata gaji untuk seorang system engineer ialah sekitar Rp. 11.000.000 per bulan di Indonesia.

2. Programmer

Seorang lulusan sistem informasi tentunya memiliki bekal pengetahuan mengenai programming. Dikutip dari Techopedia, programmer adalah individu yang membuat software atau aplikasi komputer dengan memberikan instruksi pemrograman khusus di komputer.

Agar bisa bersaing dalam dunia kerja, sebagai seorang programmer akan lebih disukai oleh perusahaan jika menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman seperti HTML, SQL, JavaScript, PHP, Python, dan lain sebagainya. 

Hingga saat ini, kisaran gaji programmer untuk pemula atau fresh graduate sekitar Rp. 5.000.000 dan akan meningkat seiring dengan pengalaman dan lama bekerja.

3. Cyber Security Analyst

Cyber Security Analyst
Source: Unsplash

Prospek kerja jurusan sistem informasi selanjutnya adalah analisis keamanan siber (cyber security analyst) yang bertugas untuk membantu melindungi organisasi dengan menggunakan berbagai teknologi dan proses untuk mencegah, mendeteksi, dan mengelola berbagai ancaman cyber.

Sebagai cyber security analyst, kamu akan memiliki kewajiban untuk melindungi infrastruktur IT (termasuk networkhardware, dan software) dari berbagai aktivitas kriminal.

Dikutip dari CNBC, gaji yang akan diterima oleh fresh graduate sebagai cyber security analyst yakni berada pada kisaran Rp. 6.000.000 hingga Rp. 13.000.000 per bulan.

4. Software Developer

Profesi sebagai software developer juga sangat cocok bagi jurusan sistem informasi. Mengapa? Karena menjadi software developer juga memerlukan kemampuan dalam coding, memiliki ide dalam mengembangkan software, menilai kebutuhan sistem, dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan user maupun tim.

Jika kamu ingin terlibat langsung dalam membuat proses yang berhubungan dengan perancangan sistem terbaru, menjadi seorang software developer mungkin cocok untukmu.

Bahkan, kisaran gaji yang diterima oleh fresh graduate sebagai lulusan sistem informasi berkisar antara Rp. 5.000.000 sampai Rp. 8.000.000 per bulan.

5. Web Developer

Saat ini berbagai perusahaan atau startup berlomba-lomba untuk membuat website. Untuk merancang suatu website agar mudah digunakan oleh user, profesi web developer semakin diincar oleh berbagai perusahaan.

Seorang web developer bisa mendapatkan gaji sebesar Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000 untuk fresh graduate.

6. Mobile Developer

Software Developer

Melansir dari Codete sekitar 5,22 juta masyarakat dunia telah menjadi pengguna smartphone  dan terus meningkat hingga saat ini. Oleh karena itu, posisi mobile developer menjadi incaran dari berbagai perusahaan lokal maupun dunia.

Seorang mobile developer memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan berbagai aplikasi untuk perangkat mobile. Baik itu perangkat yang memiliki sistem operasi Android maupun iOS. Selain itu, para mobile developer juga dituntut untuk bisa menerapkan teknologi baru sehingga dapat memaksimalkan efisiensi terhadap aplikasi.

Rata-rata gaji mobile developer untuk fresh graduate sekitar Rp. 5.000.000 per bulan dan jika telah sampai level senior bisa mencapai sekitar Rp. 10.000.000 per bulan, loh!

7. Application Engineer

Memiliki tugas sebagai jembatan antara tim teknisi dan pelanggan, seorang application engineer bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi keseluruhan perangkat lunak (software) klien mereka.

Seorang application engineer juga akan memanfaatkan masukan dari pelanggan, kebutuhan, dan informasi terkait penjualan. Melalui data yang didapatkan, para application engineer kemudian akan mengembangkan, menguji, dan mengimplementasikan aplikasi dan program software yang lebih kompleks.

Profesi ini dianggap penting karena melansir dari BMC, posisi application engineer dibuktikan dengan proyeksi tingkat pertumbuhan sebesar 22% di tahun 2024, yang bahkan di atas rata-rata untuk profesi di bidang IT lainnya.

8. Database Administrator

Apakah kamu mempunyai ketertarikan terhadap manajemen database? Jika iya, mungkin kamu bisa mempertimbangkan profesi sebagai database administrator karena profesi ini sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan besar, loh!

Database administrator adalah admin untuk mengelola sistem komputer dan sekaligus melakukan maintenance dari database perusahaan serta bertugas untuk melindungi data menggunakan software.

9. Cloud Engineer

Bagi sebagian besar perusahaan, komputasi awan (cloud computing) sekarang sudah menjadi aspek penting bagi perkembangan bisnis digital.

Bermigrasi ke layanan cloud merupakan langkah besar karena proses transfer data dapat dilakukan secara lebih mudah hanya melalui online. Itulah mengapa profesi cloud engineer sangat diminati karena memiliki permintaan yang besar di era digitalisasi seperti sekarang.

Seorang cloud engineering memiliki tugas untuk merancang, menerapkan, dan mengelola sistem berbasis cloud untuk bisnis. Mereka juga mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi cloud, memigrasikan aplikasi lokal yang ada ke cloud, dan membangun infrastruktur cloud.

Melansir dari Dicoding, rata-rata gaji seorang cloud engineer pemula memiliki kisaran antara Rp. 9.831.477 per bulan.

10. Full Stack Developer

Sebagai lulusan sistem informasi, apakah kamu sudah memiliki kemampuan coding yang mumpuni dan ingin terus mengembangkannya? Mungkin kamu bisa berkarier di posisi ini!

Full stack developer adalah posisi di mana seorang programmer telah menguasai pemrograman baik itu backend dan frontend dan memahami manajemen teknologi UI/UX.

Berdasarkan data dari berbagai situs lowongan kerja, perkiraan gaji yang diterima oleh seorang full stack developer rata-rata mencapai Rp. 7.802.635 per bulan. Jumlah tersebut dapat disesuaikan juga dengan kondisi masing-masing perusahaan.

Itulah beberapa prospek kerja dari jurusan sistem informasi beserta gaji untuk fresh graduate yang telah Prosple rangkum, semoga bisa jadi sumber informasi bagi kamu yang saat ini masih bingung ingin memulai karier di bidang IT