Pedoman skripsi

  1. Scan Nota Dinas Pembimbing / Bukti Persetujuan Proposal (tanda tangan asli Dosen Pembimbing 1 dan 2)
  2. Scan Kartu Rencana Studi (KRS) Semester Berjalan, telah mengambil Mata Kuliah Skripsi
  3. Scan bagian depan dan belakang Transkrip Nilai Sementara
  4. Scan Kartu Bimbingan (Minimal 5x Bimbingan)
  5. Scan Sertifikat MAPRAM
  6. Scan Sertifikat LKMM
  7. Scan Sertifikat Seminar Nasional (Bidang Sistem Informasi/ Komputer ), minimal 1
  8. Scan Sertifikat Seminar/ Pelatihan/ Workshop sebagai Pemateri/ Panitia/ Peserta, minimal 1
  9. Jika berkas yang diupload sesuai ketentuan (warna HIJAU).
  10. Jika berkas yang diupload tidak sesuai ketentuan (warna MERAH), maka formulir ini akan dikembalikan kepada Mahasiswa yang bersangkutan untuk dilengkapi.
  11. 1 (satu) hari setelah pengajuan formulir ini, mohon konfirmasi untuk memastikan berkas lengkap atau tidak.
  12. Waktu penyelesaian maksimal 3 (tiga) hari.
  13. Format penulisan skripsi dapat dilihat di sini.

10. 4 (empat) eksemplar draf Proposal Skripsi yang sudah disetujui (acc) Pembimbing Skripsi (belum dijilid)

11. 4 (empat) fotokopi materi presentasi Power Point (handout)

  • Setelah formulir (sistem) dan syarat yang di upload sesuai, kemudian cetak formulir dan serahkan ke bagian akademik Fakultas bersamaan dengan formulir syarat seminar proposal skripsi dan syarat yang harus di lampirkan (point 11 dan 12). Berkas dimasukan dalam map kertas warna biru
  • Setelah mahasiswa mengetahui jadwal seminar proposal skripsi, maka mahasiswa segera mengambil surat tugas ke bagian akademik fakultas untuk 4 dosen penguji.

PERSYARATAN UJIAN (SIDANG) SKRIPSI

  1. Scan Nota Dinas Pembimbing / Bukti Persetujuan Skripsi (tanda tangan asli Dosen Pembimbing 1 dan 2)
  2. Scan Surat Ijin Penelitian dari LPPM
  3. Scan Surat Ijin Penelitian dari Kesbangpol/Bapeda (Penelitian Lapangan/ Kualitatif)
  4. Scan Surat Ijin Penelitian dari Tempat Penelitian
  5. Scan Kartu Rencana Studi (KRS) (telah mengambil mata kuliah Skripsi)
  6. Scan bagian depan dan belakang Transkrip Nilai (sudah menempuh semua mata kuliah yang ditawarkan (146 sks), nilai D maksimal 2 dan tidak ada nilai E)
  7. Scan Kuitansi Pembayaran Ujian Skripsi
  8. Scan Surat Keterangan Lunas/Bebas Keuangan dari Bagian Keuangan
  9. Scan Surat Keterangan Bebas Teori dari Bagian Akademik
  10. Scan Surat Keterangan Bebas Pustaka dari Perpustakaan
  11. Scan Surat Keterangan Bebas Alat dan Bahan Praktikum dari Laboran atau Ketua Jurusan
  12. Scan bagian depan dan belakang Kartu Bimbingan Skripsi (asli) yang sudah di sahkan oleh Dosen Pembimbing 1, 2 dan Ketua Jurusan (minimal 7x bimbingan)
  13. Scan bagian depan dan belakang Kartu Seminar Proposal (asli) yang sudah di sahkan oleh Moderator Seminar dan Ketua Jurusan (minimal 10x seminar)
  14. Scan Sertifikat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  15. Scan Sertifikat Toefl

Catatan :

  • Jika berkas yang diupload sesuai ketentuan (warna HIJAU).
  • Jika berkas yang diupload tidak sesuai ketentuan (warna MERAH), maka formulir ini akan dikembalikan kepada Mahasiswa yang bersangkutan untuk dilengkapi.
  • 1 (satu) hari setelah pengajuan formulir ini, mohon konfirmasi untuk memastikan berkas lengkap atau tidak.
  • Waktu penyelesaian maksimal 3 (tiga) hari.

16. 4 (empat) eksemplar Naskah Skripsi lengkap yang telah disetujui Pembimbing (belum dijilid)

17. 4 (empat) fotokopi materi presentasi Power Point (handout)

18. Menyerahkan 2 (dua) Buku (bertema sesuai Jurusan / bidang keilmuan)

20. Membayar Rp.50.000 ke FST untuk pelepasan mahasiswa FST

  • Setelah formulir (sistem) dan syarat yang di upload sesuai, kemudian cetak formulir dan serahkan ke bagian akademik Fakultas bersamaan dengan formulir syarat sidang/ujian skripsi dan syarat yang harus di lampirkan (point 18, 19, 20 dan 21). Berkas dimasukan dalam map plastik kancing landscape warna biru.
  • Setelah mahasiswa mengetahui jadwal sidang/ujian skripsi, maka mahasiswa segera mengambil surat tugas ke bagian akademik fakultas untuk 4 dosen penguji.

KETENTUAN CETAK KARTU PESERTA SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI JURUSAN SISTEM INFORMASI

  1. Jenis Kertas: Cover Buffalo
  2. Ukuran Kertas : F4
  3. Warna Kertas : Biru (Warna Fakultas)
  4. Kartu peserta seminar ada pada Akademik Fakultas
  5. Mencetak harus sama persis dengan yang ada pada web, mahasiswa tidak diperkenankan mengubah tulisan/logo/lainnya yang ada pada kartu peserta seminar. bisa di download kartu Ujian di sini


  • PELAKSANAAN DAN TATA TERTIB SIDANG SKRIPSI

Sidang Skripsi akan dilaksanakan apabila pesertanya ? 15 orang peserta dengan tata tertib yang harus ditaati oleh seluruh peserta sidang Skripsi sebagai berikut :

  1. Mahasiswa Peserta Sidang Skripsi harus sudah hadir 30 menit sebelumnya.
  2. Apabila peserta terlambat menghadiri pembukaan sidang/tidak datang pada waktu yang telah ditentukan, maka peserta sidang dianggap GAGAL (tidak lulus). Bagi peserta sidang tidak diperkenankan meninggalkan kampus tempat penyelenggaraan sidang sebelum penutupan sidang dilaksanakan.
  3. Pakaian peserta sidang:
    Pria : Kemeja Putih, Celana Panjang Hitam, Memakai Dasi Warna Hitam, Jas Almamater.
    Wanita : Kemeja Putih, Rok Hitam, Memakai Dasi Kupu-kupu Warna Hitam, Jas Almamater.
  4. Mempersiapkan perlengkapan sidang, diantaranya: 1.Draft Skripsi yang akan diujikan dalam sidang 2. Perlengkapan presentasi diantaranya materi presentasi dalam format Power Point atau program tampilan komputer yang lain dan transparansi sheet jika diperlukan.
  5. Bagi peserta yang pada waktu sidang pertama mengalami kegagalan, maka peserta hanya akan diberikan kesempatan sidang ulang satu kali, dengan dikenakan biaya pendaftaran sidang ulang.
  6. Apabila pada sidang ulang tersebut peserta mengalami kegagalan yang kedua kali (tidak lulus), maka peserta sidang harus memulai lagi prosedur dari awal dan diharuskan GANTI JUDUL.
  7. Bagi peserta sidang Skripsi yang dinyatakan Lulus segera mengurus transkrip final (maks. 2 hari setelah sidang) dan mengumpulkan Hard Cover Skripsi minimal 2 eksemplar dan 1 (satu) CD berisi seluruh materi yang ada di Skripsi ke Prodi Sistem Informasi S1 dan Perpustakaan Universitas Peradaban paling lambat 2 Minggu setelah dinyatakan lulus.
  8. Mempersiapkan perlengkapan sidang, diantaranya:
    1. Draft Skripsi yang akan diujikan dalam sidang
    2. Perlengkapan presentasi diantaranya materi presentasi dalam format Power Point atau program tampilan komputer yang lain dan transparansi sheet jika diperlukan.
  9. Bagi peserta yang pada waktu sidang pertama mengalami kegagalan, maka peserta hanya akan diberikan kesempatan sidang ulang satu kali, dengan dikenakan biaya pendaftaran sidang ulang.
  10. Apabila pada sidang ulang tersebut peserta mengalami kegagalan yang kedua kali (tidak lulus), maka peserta sidang harus memulai lagi prosedur dari awal dan diharuskan GANTI JUDUL.
  11. Bagi peserta sidang Skripsi yang dinyatakan Lulus segera mengurus transkrip final ke Bagian Akademik LDE (maks. 2 hari setelah sidang) dan mengumpulkan Hard Cover Skripsi minimal 2 eksemplar dan 1 (satu) CD berisi seluruh materi yang ada di Skripsi ke Prodi
    Sistem Informasi S1 dan Perpustakaan Universitas Peradaban paling lambat 2 Minggu setelah dinyatakan lulus.

Pendaftaran Ujian Seminar Proposal dan Skripsi bisa di akses melalui links berikut : di sini